Dunia Sekitar - Maliq & D’Essentials

Pernahkah kau berpikir

Hidupmu tidak adil
Karna engkau merasa
Kecewa karna hal yang kecil kau anggap besar
Seakan hidup ini berakhir

Tidakkah kau merasa
Harusnya kau berpikir
Masalahmu yang kecil
Tidak sebanding dengan apa yang dirasakan
Banyak manusia diluar sana

Hai cobalah kau melihat
Dunia disekitar
Dengan mata hatimu
So give your love
Your love
Your love
Your love
C’mon people

Hingga engkau mengerti
Tidak banyak manusia
Seberuntung dirimu
Yang berharap uluran tangan tak kunjung datang
Namun senyumnya tak pernah hilang

Jadi mulai sekarang
Cobalah tetap senang
Saat cobaan datang
Karna itu akan selalu datang dan hilang
Seperti hari siang dan malam

Hai cobalah kau melihat
Dunia disekitar
Dengan mata hatimu

Gimme your love
Your love
Your love
Your love
C’mon people

Langkah manusia menjadi nyata
Saat bertindak bukan berkata
Belajar makna dari senyuman mereka

So c’mon people
Let’s do it now
Let’s do it now

Langkah manusia menjadi nyata
Saat bertindak bukan berkata
Belajar makna dari senyuman mereka

Gimme your love
Your love
Your love
Your love
C’mon people
Your love
Your love
Your love
Your love
Your love
C’mon people
C’mon c’mon c’mon c’mon c’mon
C’mon c’mon c’mon c’mon
C’mon people
Let’s do it now

C’mon c’mon c’mon c’mon c’mon
C’mon c’mon c’mon c’mon
Do it now
Let’s do it now
So c’mon people
Let’s do it now
C’mon people
Let’s do it now
C’mon c’mon c’mon c’mon c’mon

Honestly. Bitter but valuable

Sekian lama ngga buka tumblr, lagi sibuk dengan berbagai macam hal yang dilakukan sekolah menjelang UN 2 minggu lagi.

Lagi browsing kaskus ketemu sebuah thread yang benar-benar sepaham dengan saya, http://www.kaskus.co.id/thread/516246fc1fd7193b43000002

Disitu diceritakan seorang murid yang jujur memberitahukan bahwa sekolahnya membocorkan kunci jawaban UN, tapi malah dijauhi dari masyarakat.

Tambah bingung sama Indonesia, mental nya kenapa mental kayak gini, percuma ada UN padahal kita belajar sekian lama dan yang cuma dipakai nilai akhirnya (UN) tersebut. Apa kerja kita nanti ditentukan nilai matematika, IPA, bahasa indonesia, bahasa inggris? Tentu tidak.

Setiap orang punya kemampuan dibidang masing-masing, bukan patokannya pada itu. Kapan Indonesia maju kalo kayak gini?

Ada beberapa comment yang saya ambil dari thread kaskus tersebut:
J.DM: Wah kebetulan demen nih yang ginian ikut komentar ah :D

jadi gini , sebetulnya mereka ini ga salah jujur tapi yang salah itu sistem pendidikan di indonesia , kalo menurut gue buat apa coba ada UN” segala kalo ujung”nya juga nyari kunci jawaban :hammer: ini sih sama aja pemerintah ngabis”in duit buat nyetak kertas doang :ngakaks

dan menurut gue pendidikan wajib 12 tahun di indonesia ini ga efektif, soalnya ya sistem pendidikannya aja bobrok :hammer:

kalo menurut gue juga, sekolah formal itu bukan ditargetkan buat jadi pinter atau jadi punya otak profesor sih, tepatnya buat didik anak jadi bersosial dan berbudi pekerti, bisa punya banyak temen sama punya attitude ‘pernah makan bangku sekolah’ :D , kalo masalah belajar mengajar sih yang penting bisa ngimbangin aja, ga perlu pinter” karena apa yang nanti dipake di kehidupan real pas udah dewasa itu berbeda jauh ama dunia sekolah :D

jadi ada UN itu bener” ga penting, cuma buang” duit aja, atau malah duit nyetak itu soal malah jadi buat korupsi :ngakaks

ngomong” soal jujur sih, ya hidup mah jangan terlalu jujur” amat lah , yang berlebihan itu ga baek , setiap orang pasti punya salah / bisa berbuat salah :D

nartonista: pada semestinya UN dihapus, kembali ke jaman EBTANAS !
dimana nilai standar UN hanyalah menjadi pertunjukan nyata ketololan para murid dan kecemasan para guru !
:berdukas :berdukas :berdukas :berdukas :berdukas

sangmerah:
setuju!!tiap anak punya kelebihannya sendiri,.ane dulu lulus dgn bhasa ingris 8 tpi matematika 2 :hammer

dan alhamdulilah ane emang mampu n kerjanya didunia non itung2an :ngakak


Sekian posting ini saya buat, semoga ada yang membaca dan juga menyadari pentingnya perubahan pada pendidikan kita, bahwa potensi orang itu berbeda-beda dan jujur walaupun pahit tapi selalu ada hikmah disetiap perbuatannya. 2 minggu lagi saya UN, yah doain aja saya lulus dan masuk sekolah yang saya inginkan, Amin. @RyoAdidharma

A Little Bird

A little bird was flying south for the Winter.
It was so cold the bird froze and fell to the ground into a large field. While he was lying there, a cow came by and shit on him.

As the frozen bird lay there in the pile of cow dung, he began to realize how warm he was.
The dung was actually thawing him out! He lay there all warm and happy, and soon began to sing for joy.

A passing cat heard the bird singing and came to investigate. Following the sound, the cat discovered the bird under the pile of cow dung, and promptly dug him out and ate him.

Morals of the story:

(1) Not everyone who shits on you is your
enemy.

(2) Not everyone who gets you out of shit is
your friend.

(3) And when you’re in deep shit, it’s best to
keep your mouth shut!

Critical Thinking

Beberapa hari semenjak terakhir kali posting
mulai banyak kesibukan. Seminggu ini UAS, doain aja biar sukses, Amin.

Ngomong-ngomong tentang UAS, sebenernya buat apa UAS? Buat apa UN? Buat apa ada Matematika, IPA, IPS dsb? Saya pikir kenapa Indonesia masih aja mengutamakan pendidikan formal.

Logikanya apa kalau kita kerja nanti ada Matematika yang nyari X, Y, Gradien, Persamaan garis dll? Mungkin memang pengembangan nalar atau pola pikir masyarakat, tapi masyarakat jadi lupa dan bekerja hanya untuk mencari banyak uang tapi kita sendiri tidak menyukai pekerjaan tersebut.

Kalau kita kerja di suatu perusahaan, kita bekerja di bawah mimpi orang lain. Kita sendiri punya mimpi masing-masing, kenapa ngga bekerja sesuai mimpi kita?

Ada beberapa quotes:

"Passion will move men beyond themselves, beyond their shortcomings, beyond their failures."
Joseph Campbell

"Desire! That’s the one secret of every man’s career. Not education. Not being born with hidden talents. Desire."
Bobby Unser

Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it yet, keep looking. Don’t settle. As with all matters of the heart, you’ll know when you find it. And, like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on”
Steve Jobs

Intinya cintailah pekerjaan anda, misal anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut saran saya sih cari pekerjaan lain yang bikin anda nyaman mengerjakannya. Semisal mau tidak mau anda hanya bisa melakukan pekerjaan tersebut, intinya cintailah pekerjaan itu apapun halangannya.

Saya waktu itu ingat satu film, judulnya ‘The Pursuit of Happyness’ pemainnya Will Smith sama anaknya Jaden Smith, yang menceritakan tentang susahnya hidup dan arti dari kebahagiaan, sulit jelasinnya, mending langsung tonton aja.
Ada beberapa quotes dan dialog dari film tersebut yang selalu saya ingat:

You have to be bold because there will be folks who will say “You can’t” or “You shouldn’t” or “Why?” There is a certain boldness to saying “Well, I really don’t want to be a high-powered corporate lawyer. I’m really passionate about painting.”

Though my mom had too many of her own dreams denied, deferred and destroyed, she instilled in me that I could have dreams. And not just have dreams but had a responsibility to make them reality. My mom taught me from a very early age that I could do anything I wanted to do. “

“Don’t ever let someone tell you you can’t do something. Not even me.”

“I was late once and cost me $50,000. I figure it was cheaper to wear two watches.”

“You know how mountains get moved? Everyone who can move a couple, move a couple. Those who can move rocks, move rocks. Those who can move boulders, move boulders. That’s how mountains get moved. If every one of us did everything we could, I believe we would be in a different world.”


Hmm mungkin sampai sini artikel ini, sebenernya setuju atau tidaknya itu dari pribadi masing-masing, ini juga menurut opini saya pribadi. Mulai sekarang kita semua harus berpikir secara kritis, melakukan hal yang berbeda dari orang yang biasa kita lakukan (dalam arti dinamis yang positif). Ngantuk juga nih, haha. Terima kasih sudah membaca, komentar bisa di twitter saya @RyoAdidharma.

-Ryo Adidharma

Life

Sebuah bulu sayap yang jatuh dari atas langit
menimpa kayu dengan lembut,
namun kayu pun menopangnya

Tiba-tiba hembusan angin muncul,
dan bulu sayap tadi pun pergi
karena kerasnya kayu membuat bulu sayap itu pergi
Dan kayu pun tak menemukannya lagi.

End

Darkness come

Tonight, after sholat isya
dan dengerin Asmaul Husna
Hati rasanya nyaman


Everyday is surprise day
Banyak hal yang ga terduga
Good things and bad things
Biar seimbang kalik


But there is a good side
That life without challange is not interesting
The more we can get through it all, the more we can get


Ah, I’m sleepy now
I wish tomorrow will be more good than today.
Amin Ya Allah